Di dunia ada tiga ideologi yaitu Islam, Kapitalis, dan Sosialisme-Komunisme.
Demokrasi Kapitalis
Demokrasi kapitalis merupakan ideologi yang dianut negara-negara Barat dan Amerika. Landasannya adalah pemisahan agama dari negara, atau pemisahan agama dengan urusan kehidupan. Mereka mengenal semboyan berikan hak kaisar untuk kaisar dan hak tuhan untuk tuhan. Dengan demikian ideologi kapitalis berpendapat bahwa manusialah yang berhak mengatur kehidupannya sendiri.
Ideologi ini merupakan ideologi kufur yang bertentangan dengan Islam, karena di dalam Islam hanya Allah saja sebagai Musyarri’ (Pembuat Hukum). Dialah yang berhak menetapkan aturan bagi manusia. Islam telah menjadikan negara sebagai bagian yang tak terpisahkan dari hukum-hukum Islam. Islam mewajibkan agar seluruh urusan kehidupan dipecahkan dengan hukum syara’ yang telah diturunkan Allah. Oleh karena itu diharamkan bagi kaum Muslim menganut dan mengikuti ideologi kapitalis. Diharamkan pula mengambil pemikiran-pemikiran berikut aturannya. Karena ideologi tersebut adalah kufur. Begitu juga dengan ide-ide dan aturan kapitalis, seluruhnya adalah kufur dan bertentangan dengan Islam.
Pandangan Islam Tentang Kebebasan (Liberalisme)
Pemikiran yang paling menonjol dalam ideologi kapitalis adalah kewajibannya memelihara kebebasan individu. Kebebasan ini meliputi beberapa bentuk, yaitu kebebasan berakidah, berpendapat, pemilikan dan kebebasan bertingkah laku. Dari faham kebebasan pemilikan muncul sistem ekonomi kapitalis yang dibangun atas asas manfaat. Landasan pemikiran ini mengakibatkan penimbunan yang menggunung, dan unsur yang mendorong negara-negara Barat menjajah bangsa lain agar dapat merampas kekayaannya.
Keempat macam kebebasan ini bertentangan dengan hukum Islam. Seorang muslim tidak dibenarkan bebas memilih dalam hal akidah. Jika dia murtad, maka diperintahkan untuk bertaubat. Apabila tidak mau, maka dia dibunuh. Sabda Rasulullah saw:
«مَنْ بَدَّلَ دِيْنَهُ فَاقْتُلُوْهُ»
Siapa saja yang mengganti agamanya, maka bunuhlah.
Seorang muslim tidak dibenarkan bebas berpendapat. Apa yang menjadi pandangan Islam, wajib menjadi pandangannya. Tidak diperkenankan seorang muslim memiliki pendapat yang bukan berasal dari Islam.
Seorang muslim juga tidak bebas memiliki sesuatu sekehendaknya. Tidak diakui/tidak sah baginya memiliki sesuatu kecuali dalam batas-batas pemilikan yang telah ditentukan oleh syara’. Dia tidak bebas memiliki apa saja yang diinginkannya, dengan menghalalkan segala cara, melainkan ia terikat dengan batas-batas pemilikan. Secara mutlak tidak sah baginya memiliki sesuatu dengan cara-cara yang menyimpang dari ketentuan syara’. Seorang muslim tidak boleh memiliki sesuatu dengan cara riba, menimbun, menjual khamar, babi dan sebagainya. Sebab, cara-cara tersebut seluruhnya dilarang oleh syara’. Atas dasar ini maka tidak diperkenankan seorang muslim untuk memiliki sesuatu dengan salah satu jalan tadi.
Kebebasan bertingkah laku juga tidak ada rumusannya dalam Islam. Seorang muslim tidak bebas begitu saja bertingkah laku. Ia terikat dengan syara’. Bila seorang muslim tidak mendirikan shalat atau shaum, maka dia akan terkena sanksi. Begitu juga bila dia kedapatan mabuk, berzina, atau seorang muslimah keluar dengan ‘tubuh telanjang’ [tanpa berbusana muslimah (membuka auratnya)-pen] atau dengan tabarruj, maka tindakan tersebut terkena sanksi.
Dengan demikian kebebasan yang terdapat dalam sistem kapitalis Barat tidak ditemukan keberadaannya dalam Islam, malah seluruhnya bertentangan dengan hukum Islam.
Pandangan Islam Mengenai Demokrasi
Di antara pemikiran lain yang paling menonjol dalam ideologi kapitalis adalah demokrasi, yang semboyannya adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dasar sistem demokrasi adalah rakyat sebagai pemilik kehendak, kedaulatan dan pemilik dalam hal pelaksanaannya. Karena rakyat yang memiliki segala sesuatunya, maka rakyatlah yang mengatur dirinya sendiri. Tidak seorangpun yang berhak dan dapat mengalahkan kekuasaan rakyat. Dengan demikian rakyatlah yang bertindak sebagai Musyarri’ (pembuat dan penentu hukum). Rakyat yang membuat aturan sesuai dengan kehendaknya dan rakyat pula yang membatalkan atau menghapus aturan-aturan yang dikehendakinya. Namun demikian rakyat tidak dapat melaksanakan semua itu sendirian. Oleh karena itu, rakyat memilih wakil-wakil (mereka) agar seluruh kehendak rakyat dapat terlaksana. Maka, dibuatlah aturan main bagi wakil-wakil mereka tersebut.
Dalam sistem demokrasi, rakyat adalah pemilik kekuasaan sekaligus sebagai pelaksananya. Tetapi tidak mungkin seluruh rakyat berperan secara bersama-sama. Karenanya, rakyat perlu memilih para penguasa sebagai wakil mereka untuk melaksanakan perundang-undangan yang telah ditetapkan rakyat. Jadi, di dalam sistem kapitalis Barat, rakyat merupakan sumber kedaulatan, dan mereka bertindak sebagai tuan (pemilik kehendak), pembuat undang-undang, serta yang memerintah.
Sistem demokrasi seperti ini adalah sistem kufur. Ia adalah hasil buatan manusia dan bukan merupakan hukum-hukum syar’i, serta tidak boleh diterima. Melaksanakan sistem demokrasi berarti melaksanakan sistem kufur. Menyeru kepada sistem ini berarti mempropagandakan sistem kufur. Karena itu tidak dibolehkan mengembangkan, atau mengambilnya dengan alasan apapun dan dalam kondisi bagaimanapun.
Sistem demokrasi bertentangan dengan hukum Islam. Kaum Muslim diperintahkan supaya menyesuaikan seluruh amal perbuatannya dengan hukum syara’. Seorang muslim adalah hamba Allah. Ia harus menyesuaikan kehendaknya sesuai dengan perintah dan larangan Allah. Demikian pula umat tidak berhak memiliki dan menuruti kehendaknya sesuai dengan hawa nafsu. Sebab, kedaulatan bukan berada di tangan umat. Yang menjalankan kehendak umat adalah syara’ semata, karena kedaulatan ada di tangan syara’. Umat tidak memiliki hak tasyri’ (membuat hukum dan undang-undang-pen). Hanya Allahlah satu-satunya Musyarri’ (pembuat hukum dan perundang-undangan). Seandainya umat bersepakat menghalalkan apa yang diharamkan Allah, seperti riba, penimbunan, penipuan, zina atau minuman keras, maka kesepakatan mereka tidak akan bernilai sedikitpun. Sebab, ia bertentangan dengan hukum-hukum Islam. Jika mereka bersikeras meneruskannya, maka mereka wajib diperangi.
Meskipun demikian Allah menjadikan kekuasaan (pemerintahan secara praktis) ada di tangan umat. Allah memberikan kepada umat hak untuk memilih dan mengangkat penguasa, yang mewakili umat dalam menjalankan dan mengendalikan pemerintahan. Allah telah mengatur (mensyari’atkan) cara pengangkatan dan absahnya penguasa dengan cara bai’at. Dari sini dapat dipahami perbedaan antara kedaulatan (as-siyadah) dengan kekuasaan (sulthan). Kedaulatan ada di tangan syara, sedangkan kekuasaan ada di tangan umat.
Komunisme
Komunis merupakan ideologi materialis yang berdiri atas dasar pengingkaran terhadap adanya sesuatu selain materi. Komunis menganggap bahwa materi adalah azali, yakni tidak berawal dan tidak berakhir. Materi tidak diciptakan oleh Pencipta. Berdasarkan anggapan ini, komunis tidak mengakui adanya Pencipta, dan mengingkari hari Kiamat. Mereka menganggap agama adalah candu bagi masyarakat.
Komunis adalah ideologi materialis yang mendasarkan kepada teori dialektika materialis dan teori historis materialis. Materi adalah sumber segala sesuatu. Segala sesuatu asalnya dari materi, lahir dan berkembang dengan cara evolusi. Sistem (aturan) komunis muncul dari perkembangan alat-alat produksi. Perubahan alat-alat produksi menimbulkan perubahan terhadap aturan yang ada. Menurut komunis, masyarakat adalah sekumpulan benda yang terdiri dari tanah, alat-alat produksi, alam dan manusia. Semuanya merupakan satu kesatuan yang dinamakan materi. Apabila terdapat perubahan secara evolutif terhadap alam dan apa yang ada di dalamnya, maka manusiapun dengan sendirinya turut berkembang dan berevolusi, yang pada akhirnya masyarakatpun turut berubah secara keseluruhan.
Menurut konsep komunis, masyarakat tunduk pada evolusi materi. Kalau masyarakat berkembang, maka individu turut berkembang. Individu mengikuti perkembangan masyarakat seperti layaknya perputaran gigi roda. Komunis melarang pemilikan individu terhadap alat-alat produksi. Semuanya adalah milik negara.
Berdasarkan kenyataan tersebut, maka ideologi komunis adalah ideologi kufur. Begitu pula dengan ide dan aturan-aturannya, juga kufur dan bertentangan dengan Islam secara keseluruhan dan mendasar, baik secara global maupun rinciannya.
Islam telah menjelaskan dan memastikan bahwa materi itu diciptakan Allah. Materi tidak kekal, dan pasti akan binasa (rusak). Sedangkan manusia adalah makhluk bagi Sang Pencipta. Peraturan berasal dari Allah, bukan dari atau akibat perkembangan materi dan alat-alat produksi, begitu juga bukan berasal dari manusia. Sedangkan masyarakat merupakan kumpulan manusia yang memiliki pemikiran dan perasaan serta diterapkan peraturan di dalamnya. Yang menentukan bentuk masyarakat adalah peraturan yang diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Masyarakat yang menerapkan sistem Islam dinamakan masyarakat Islam tanpa memperhatikan bentuk perkembangan alat-alat produksi di dalam masyarakat tersebut. Masyarakat yang menerapkan sistem kapitalis dinamakan masyarakat kapitalis. Begitu juga, masyarakat yang menerapkan peraturan komunis dinamakan masyarakat komunis, sekalipun alat-alat produksi yang ada persis sama seperti alat-alat produksi yang terdapat dalam (masyarakat) sistem kapitalis. (Sumber: Mengenal Hizbut Tahrir)
Assalamualaikum, mo minta izin mo mngkopi,jazaa’akallah
bismillah.. sebenernya ana sudah memendam pertanyaan ini berlarut2.. tapi kalo menurut ana, bahwa ideologi yang hanya ada tiga, sepertinya memang benar, jika itu sebuah ideologi yang utuh, dengan kelengkapan unsur2 onthologi, aksiologi dan, epistemologinya..
namun dalam kenyataan dilapangan, didalam masing2 kutub ideologi tersebut(kecuali Islam), terdapat perbedaan yang bisa dibilang sangat akut terutama dalam hal epistemologisnya..
artinya jika kemudian kita menilai seseorang yang mempraktekan sebagian dari unsur ideologi kapitalisme misalnya, jangan dianggap dahulu bahwa dia memiliki pemikiran kapitalisme utuh.. dimana keutuhan kapitalisme dan sosialisme itu sendiri menurut ana hanyalah sebuah idealisasi.. ga tau juga kenapa harus diidealisasi, mungkin syekh an-nabhani pendiri Hizb memerlukan pembanding yang utuh terhadap Ideologi Islam, yang memang sejak awal telah sempurna, tanpa harus ada perbaikan dalam kerangka onthologis, aksiologis, maupun epistemologisnya..
dan mungkin juga karena pada masa beliau, situasi geopolitik benar2 mengarahkan pemikiran kita ke arah idealisasi tersebut, dimana pemikiran2 Kapitalis di monopoli oleh US of A sedangkan pemikiran2 Komunis seakan2 dimonopoli oleh USSR..
Tapi ana puas dengan penjabaran unsur2 pembentuk ideologi beliau dalam bab qiyadah fikriyah kitab nizham.. menurut ana itu sudah selaras dengan pemikiran orisinil orang2 yang membangun ideologi-ideologi tersebut..
Kalo ana melihat saat ini.. sepertinya ideologi(yang utuh) telah mati.. jarang ada sosialis marxist tulen.. kebanyakan sih Post-mo..
Menurut ana satu2nya pemikiran ideologis yang utuh saat ini tinggal Islam.. Geopolitik dunia saat ini hanya digerakkan dengan kepentingan-kepentingan pragmatis.. Kecuali kepentingan yang menyangkut dunia Islam..
wallahu’alam
khilafah will return
Saya percaya bahwa hanya sistem syariat Islamlah yang dapat menyelamatkan dunia ini dari berbagai macam halangan dan rintangan. Syariat Islam pasti dapat menyelesaikan permasalahan yang ada sejak turunnya Islam sampai akhir zaman nantti. Tinggal kita saja lagi yang harus terus berjuang dan berkorban demi tegaknya khilafah untuk yang kedua kalinya! Kenapa harus khilafah?, ya karena tanpa khilafah Islam tidak akan dapat berjalan dengan utuh dan sempurna. Allahuakbar!!!
sudah tidak terbantahkan Ideologi Islam yg masih murni untuk sekarang ini. selanjutnya Khilafah memimpin lagi dunia dengan penuh keadilan.
kami butuh perjelasan mengenai Ideologi-ideologi di seluruh dunia.
Manusia diciptakan memiliki akal untuk berfikir namun bnyk yang melupakan bahwa penciptanya adalah Allah swt. Sehingga dalam kelupaannya tidak lagi menghiraukan aturan2 yang diberikan oleh Allah swt,sang Maha Pencipta.
Afwan ustadz, saya ambil artikelnya
Afwan ustadz, saya ambil artikelnya. Mudah2an bermanfaat
intinya:”Jihad dijalan yang benar,dengan cara yang benar!”
terus yg cocok buat diterapin diindonesia yg mana donk??mengingat bhwasanny indonesia adlh bukan negara islam..jd inti maksudnya “islam anti demokrasi” tu apa y?coz saya suka ditanya tp g puny jwbn yg mantap….tlg donk bantuannu…sy tgg jawabanny…
syukron walafuw
insya Allah, khilafah tidak lama lagi akan berdiri dan berjaya diatas pilar-pilar yang telah dibangun oleh para mujahid-mujahid kita. semoga kita turut andil dalam pencapaiannya. ada atau tidak adanya kita dalam masa itu tidaklah penting. semoga jama’ah kita mencapai kemenangan yang telah dijanjikan. pasti…. langkah pastinya adalah: terjun langsung membenahi politik negara ini!
Idelogi Islamlah yang paling benar ,karena bersal dari Zat yang Maha benar ..