HTI-Press. Adapun dalil tentang kewajiban ridha menerima qadha adalah apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, dan Al-Hakim, ia menshahihkan hadits ini. Adz Dzahabi juga menyetujuinya, dengan lafadz hadits:
«وَأَسْأَلُكَ الرِّضَاءَ بَعْدَ الْقَضَاءِ»
Dan aku meminta kepada-Mu ya Allah bisa ridha setelah menerima qadha. Syara’ telah memuji seorang hamba yang berserah diri terhadap qadha, sebagaimana dijelaskan dalah hadits dari Abi Hurairah: Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda kepadaku:
«أَلاَ أُعَلِّمُكَ قَالَ هَاشِمٌ أَفَلاَ أَدُلُّكَ عَلَى كَلِمَةٍ مِنْ كَنْزِ الْجَنَّةِ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ لاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ يَقُولُ أَسْلَمَ عَبْدِي وَاسْتَسْلَمَ»
Aku akan memberitahumu satu kalimat yang datang dari bawah arasy dan dari gudangnya Syurga, yaitu “ Tiada daya dan tidak ada kekuatan kecuali dengan (kekuasaan) Allah“. Allah berfirman: Sungguh hambaku telah tunduk dan berserah diri kepada-Ku. (HR. Al-Hakim. Ia berkata: Hadits ini shahih isnadnya, dan tidak tercatat adanya kecacatan, meski tidak ditakhrij oleh Bukhari dan Muslim. Ibnu Hajar berkata: Hadits ini telah ditakhrij oleh Al-Hakim dengan sanad yang kuat)
Haram Marah Terhadap Qadha dari Allah
Marah terhadap qadha dari Allah hukumnya haram. Al-Qirafi menuturkan dalam Al-Dakhirah adanya ijma (kesepakatan) atas keharaman marah terhadap qadha dari Allah tersebut. Yang dimaksud dengan ijma ini adalah ijma para Mujtahid. Lafadz ijmanya adalah: Marah terhadap qadha Allah hukumnya haram berdasarkan ijma. Al-Qirafi telah membedakan antara qadha dan Al-Maqdhi. Beliau berkata: Jika ada seseorang diuji dengan suatu penyakit, kemudian ia merasa sakit sebagai resiko dari tabiat suatu penyakit, maka hAl-seperti ini tidak dipandang sebagai sikap tidak ridha terhadap qadha, melainkan disebut tidak ridha terhadap Al-maqdhi. Jika ia berkata: Apa (gerangan) yang telah aku lakukan hingga aku ditimpa dengan musibah ini, dan apa dosaku. PadahAl-aku tidak layak mendapatkannya. Maka yang seperti ini disebut tidak ridha terhadap qadha bukan terhadap Al-maqdhi. Keharaman marah terhadap qadha ini ditunjukkan oleh hadits dari Mahmud bin Lubaid (sebagaimana telah disebutkan) bahwa Rasulullah bersabda:
«وَإِنَّ اللهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ»
Sesungguhnya jika Allah akan mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberikan ujian kepada mereka. Barangsiapa yang bersabar maka kesabaran bermanfaat baginya. Dan barangsiapa marah (tidak sabar) maka kemarahan itu akan kembali kepadanya. (HR. Ahmad dan AT-Tirmidzi. Ibnu Muflih berkata : Isnad hadits ini baik)
Manusia Akan Ditanya
Ridha dan Marah termasuk pekerjaan manusia. Karena itu manusia akan diberi pahala atas keridhaannya dan akan disisksa atas kemarahannya. Sedangka qadha sendiri tidak termasuk pekerjaan manusia, sehingga manusia tidak akan diminta pertanggungjawaban tentang terjadinya qadha, karena bukan termasuk pekerjaannya. Tetapi ia tetap akan ditanya tentang ridha dan marahnya terhadap qadha karena termasuk pekerjaannya. Allah berfirman:
وَأَنْ لَيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. (TQS. An-Najm [53]: 39)
Penebus Dosa
Qadha dari Allah ini akan menjadi penebus atas dosa-dosa seseorang, dan sebagai sarana dihapuskannya kesalahan. Dalilnya sangat banyak, di antaranya, hadits dari Abdullah: Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:
«…مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى شَوْكَةٌ فَمَا فَوْقَهَا إِلاَّ كَفَّرَ اللهُ بِهَا سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا»
Seorang muslim yang diuji dengan rasa sakit karena duri atau yang lebih dari itu, maka Allah pasti akan menebus kesalahan-kesalahannya kerana musibah itu. Sebagaimana suatu pohon menggugurkan daunnya. (Mutafaq ‘alaih).
Hadits yang lain adalah dari Aisyah, ia berkata: Rasulullah saw. bersabda:
«لاَ تُصِيبُ الْمُؤْمِنَ شَوْكَةٌ فَمَا فَوْقَهَا إِلاَّ قَصَّ اللهُ بِهَا مِنْ خَطِيئَتِهِ»
Satu duri atau yang lebih darinya yang menimpa seorang mukmin, maka pasti dengan duri itu Allah akan mengurangi kesalahannya. Dalam satu riwayat dikatakan “naqushshu” artinya kami akan mengurangi. (Mutafaq ‘alaih). Hadits dari Abu Hurairah dan Abi Said dari Nabi saw., bersabda:
«يُصِيبُ الْمُؤْمِنَ مِنْ وَصَبٍ وَلاَ نَصَبٍ وَلاَ هَمٍّ وَلاَ حَزَنٍ وَلاَ أَذًى وَلاَ غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةُ يُشَاكُهَا إِلاَّ كَفَّرَ اللهُ مِنْ خَطَايَاهُ»
Setiap musibah yang menimpa seorang mukmin, berupa sakit yang berterusan, sakit yang biasa, kebingungan, kesedihan, kegundahan hingga duri yang menusuknya, maka pasti musibah itu akan menjadi penghapus bagi kesalahan-kesalahannya. (Mutafaq ‘alaih).
Dalam bab ini terdapat juga hadits senada dari Saad, Muawiyah, Ibnu Abbas, Jabir, Ummu Al-Ala, Abu bakar, Abdurrahman bin Azhar, Al-Hasan, Anas, Syadad, dan Abu Ubaidah ra.; dengan sanad-sanad ada yang baik dan ada yang shahih. Semuanya sampai kepada Nabi saw. (hadits marfu), yang isinya menyatakan bahwa “setiap ujian akan menggugurnya kesalahan”.
Hadits dari Aisyah ra. sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:
«…مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُشَاكُ شَوْكَةً فَمَا فَوْقَهَا إِلاَّ رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً»
Seorang muslim yang tertusuk duri atau yang lebih dari itu, maka pasti Allah dengan musibah itu akan mengangkat satu derajat untuknya dan menggugurkan satu kesalahan darinya.
Dalam riwayat lain dikatakan:
«إِلاَّ كَتَبَ اللهُ لَهُ بِهَا حَسَنَةً»
Maka pasti Allah dengan musibah itu akan mencatat satu kebaikan baginya. Yang dimaksud dengan pahala di sisni adalah pahala atas keridhannya terhadap qadha dari Allah, atas kesabaran, dan bersyukur serta tidak mengadukan musibahnya kecuali hanya kepada Allah. Banyak sekali hadits yang menjelaskan batasan (Al-Qayid) ini. Di antaranya hadits riwayat Muslim dari Shuhaib, sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda:
«عَجَبًا ِلأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ ِلأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ»
Aku kagum terhadap urusan orang yang beriman, karena seluruh urusannya merupakan kebaikan baginya. Jika ia mendapatkan kesenangan maka ia akan bersyukur. Maka syukur adalah kebaikan baginya. Jika ia ditimpa kesulitan maka ia akan bersabar. Maka sabar itu merupakan kebaikan baginya. Hal seperti ini tidak akan didapati pada seseorang kecuali pada orang yang beriman.
Hadits riwayat Hakim, ia menshahihkannya yang disepakati oleh Adz-Dzahabi dari Abi Darda ra., ia berkata aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:
«إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا عِيسَى إِنِّي بَاعِثٌ مِنْ بَعْدِكَ أُمَّةً إِنْ أَصَابَهُمْ مَا يُحِبُّونَ حَمِدُوا اللهَ وَشَكَرُوا وَإِنْ أَصَابَهُمْ مَا يَكْرَهُونَ احْتَسَبُوا وَصَبَرُوا وَلاَ حِلْمَ وَلاَ عِلْمَ قَالَ يَا رَبِّ كَيْفَ هَذَا لَهُمْ وَلاَ حِلْمَ وَلاَ عِلْمَ قَالَ أُعْطِيهِمْ مِنْ حِلْمِي وَعِلْمِي»
Sesungguhnya Allah berfirman: Wahai Isa, sungguh aku akan mengirim suatu umat setelahmu. Jika mereka mendapatkan perkara yang mereka sukai, maka mereka pasti akan memuji kepada Allah. Jika mereka mendapatkan perkara yang tidak mereka suaki, maka mereka akan ikhlas menerimanya dan bersabar menghadapinya, padahal mereka tidak memiliki kepandaian dan ilmu. Isa berkata: Wahai Tuhanku bagaiman itu bisa terjadi? Allah berfirman: Aku memberikan kepada mereka sebagian dari kepandaian dan ilmu-Ku. Hadits riwayat At-Thabrani dengan isnad yang sehat dari cacat dari Ibnu Abbas ra ia berkata, Rasulullah saw. bersabda: Siapa saja yang ditimpa musibah dengan hartanya, atau dalam dirinya kemudian ia menyembunyikannya dan tidak mengadukannya kepada manusia maka Allah psti akan mengampuninya. Hadits riwayat Bukhari dari Anas ia berkata, Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:
«إِنَّ اللهَ قَالَ إِذَا ابْتَلَيْتُ عَبْدِي بِحَبِيبَتَيْهِ فَصَبَرَ عَوَّضْتُهُ مِنْهُمَا الْجَنَّةَ»
Sesungguhnya Allah swt. berfirman: Jika Aku menguji hambaku dengan (kematian) kekasihnya kemudian ia bersabar maka akan menggatinya dengan Syurga. Hadits riwayat Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad dari Abi Hurairah ia berkata, Rasulullah bersabda: Seorang muslim yang tertusuk duri di dunia, ia ikhlas menerimanya maka pasti ujian itu akan menjadi penyebab Allah melenyapkan kesalahan-kesalahnya di hari kiamat.
Subhanallah……
berungtunglah kita sebagai muslim…..
semoga setiap kebahagiaan yang Allah berikan selalu kita syukuri…..
semoga setiap ujian yang Allah berikan selalu kita bersabar dan ikhlas…..
Namun akan lebih mudah kita mengapresiasikan rasa syukur untuk kebaikan dan sabar untuk sebuah ujian pada saat Syariat Islam yang menghukumi kita dalam naungan Daulah Khilafah Islamiyah…..
Allahuakbar
Ya Allah hambamu berserah padaMu, rdhokanlah hati ini dalam setiap QodhoMu.
Jadikan hamabamu pejuang Islam dengan segala pemberian QodhoMu
kita sebagai umat islam yang beriman kepada Allah sudah sewajarnya untuk menerima qodho dariNya. karena kalau kita tidak menerima maka kita tidak termasuk orang yang beriman. tapi umat islam saat ini banyak yang menyalah artikan qodho. misalnya saat ini negara kita menerapkan sistem kufur (sekular)banyak yang berkomentar kan itu qodho dari allah…maka ga usah diganti lagi dengan sistwm islam…itu semua salah yang benar kita harus memperjuangkaN AGAR sistem saat ini menjasi sistem yang diridhoi allah yaitu sistem islam tentunya bisa diterapkan dengan berdirnya daulah khilafah islam..allahuakbar…salam dari saudaramu. Hasan (dirikrut hasan training center palangka Raya.)
Subhanallah walhamdulillah.. BERSYUKUR dan BERSABAR ibarat mata uang yang tak terpisahkan.